Tips: Cara Mengatasi Susah Tidur (Insomnia)

>
Banyak orang yang mengalami insomnia, termasuk saya sendiri susah untuk tidur cepat. Insomnia sendiri terdiri dari 3 Jenis diantaranya :

1. Jenis transient (artinya cepat berlalu),
insomnia jenis ini hanya terjadi beberapa malam saja.

2. Jenis Jangka pendek
Jenis dapat belangsung sampai beberapa minggu dan biasanya akan kembali seperti biasa.

3. Jenis kronis (atau parah)
gangguan tidak dapat tidur berlangsung le bih dari 3 minggu.

Insomnia adalah gejala, seperti juga gejala panas atau sakit kepala, biasanya ada beberapa faktor yang menyebabkanya :

= Faktor Psikologi :
Stres yang berkepanjangan paling sering menjadi penyabab dari Insomnia jenis kronis, sedangkan berita-berita buruk gagal rencana dapat menjadi penyebab insonia transient.

= Problem Psikiatri:
Depresi paling sering ditemukan. Kamu bangun lebih pagi dari biasanya yang tidak kamu ingini, adalah gejala paling umum dari awal depresi, Cemas, Neorosa, dan gangguan psikologi lainnya sering menjadi penyebab dari gangguan tidur.

= Sakit Fisik
Sesak nafas pada orang yang terserang asma, sinus, flu sehingga hidung yang tersumbat dapat merupakan penyebab gangguan tidur. Selama penyebab fisik atau sakit fisik tersebut belum dapat ditanggulangi dengan baik, gangguan tidur atau sulit tidur akan dapat tetap dapat terjadi.

= Faktor Lingkungan
Lingkungan yang bising seperti lingkungan lintasan pesawat jet, lintasan kereta api, pabrik atau bahkan TV tetangga dapat menjadi faktor penyebab susah tidur.

= Gaya Hidup
Alkohol , rokok, kopi, obat penurun berat badan, jam kerja yang tidak teratur, juga dapat menjadi faktor penyebab sulit tidur.


"Untuk penyembuhan bisa menggunakan obat kimia ataupun herbal banyak di pasaran tapi itu tetap tergantung kibiasaan dan kecocokanya masing-masing, tidak ada salahnya anda bisa mencoba cara-cara berikut ini =

>>. Tidurlah hanya sebanyak yang kamu perlukan untuk istirahat, atau untuk menyegarkan badan pada saat bangun tidur.

>>. Miliki jadwal tidur yang reguler dan rasional

>>. Jangan bekerja saat hendak tidur

>>. Buat udara kamar tidur segar dengan ventilasi yang baik.

>>. Kurangi suara yang tidak menyenangkan, kurang cahaya yang tidak diperlukan.

>>. Jangan tidur dengan kondisi kamu lapar, sehingga akan membuat kamu terbangun nantinya hanya karena ingin mencari makanan.

>>. Hindari minuman yang mengandung kafein, seperti pada kopi, cola, teh dan coklat.

>>. Percayakanlah saat waktu bangun kamu pada alarm jam kamu.Dengan sering melihat jam di kamar akan mempengaruhi reaksi emosi.

>>. Olah raga ringan 6 jam sebelum tidur. Olah raga aerobik selama 20 menit dapat meningkatkan suhu dan metabolisme badan dan
akan menurun kembali sekitar 6 jam kemudian. Penurunan metabolisme dan suhu badan dapat memungkinkan tidur nyenyak.

>>.Hilangkan segala kecemasan , pikiran tentang rencana besok, pikiran tentang tugas yang belum selesai.

>>.Pendekatan Relaksasi yang paling banyak dipakai adalah. Relaksasi Progresif dengan menegangnya otot, kita belajar merasakan ketegangan tersebut. Tariklah napas melalui hidung dengan tenang perlahan sambil rasakan aliran udara yang melalui hidung dengan cara mengembangkan perut tanpa menggerakkan dada.Sekiranya cukup udara yang dihirup , berhentilah sejenak dan rasakan kenyamanan dan ketenangan.

Setelah dirasakan cukup buanglah napas dengan perlahan-lahan tenang dengan mengempiskan perut secara perlahan dan tenang dan rasakan kelegaan dan pembebasan dari beban emosi yang ada. Bisa juga dengan mendengarkan lagu yang melo/slow,membaca hingga rasa kantuk akan tiba.

Demikian semoga bisa sedikit membantu, yah minimal bertambah kualitas tidur kita untuk hari-hari berikutnya.........

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts