Google Ubah iPhone Jadi Penerjemah Suara

Teknologi mesin penerjemah buatan Google makin canggih saja. Tidak hanya menerjemahkan teks ke dalam berbagai bahasa di dunia, kini mesin tersebut juga dapat menerjemahkan suara dari satu bahasa ke bahasa lain.
Aplikasi penerjemah multibahasa itu sudah tersedia dalam bentuk aplikasi berbasis web untuk komputer desktop sejak bulan lalu. Aplikasi serupa juga sudah tersedia untuk perangkatmobile sehingga lebih praktis digunakan. Google telah menyediakan aplikasi tersebut untuksmartphone berbasis Android.
Tak cuma di Android, hari ini Google pun sudah menyediakan aplikasi penerjemah itu untuk iPhone buatan Apple. Dengan tambahan aplikasi tersebut, iPhone kini bisa menjadi asisten penerjemah pribadi penggunanya.
"Aplikasi terbaru menerima suara dalam 15 bahasa dan, seperti aplikasi berbasis web, Anda dapat menerjemahkan sebuah kata atau frasa ke dalam salah satu dari 50 bahasa," kata Wenzhang Zhu, insinyur Google, dalam blog resmi perusahaan tersebut, Selasa (8/2/2011). Hasil penerjemahan berupa teks ataupun suara.
Aplikasi bernama Google Translate for iPhone dapat diunduh di iTunes secara cuma-cuma. Aplikasi tersebut menggunakan teknologi yang sama dengan layanan yang sudah lebih dahulu tersedia di perangkat lain.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts