Mempercepat Kinerja Photoshop dengan Photoshop SpeedUp


Semakin baru versi Adobe Photoshop, semakin tinggilah spesifikasi perangkat keras komputer yang diperlukan untuk menjalankannya. Hal ini disebabkan semakin banyaknya plug-in, preset, font, maupun tool yang dimuat setiap kali Photoshop dijalankan.
Pada praktiknya, tidak selalu seluruh plugin maupun preset dan tool kita perlukan saat menyunting sebuah projek. Ini berarti pemborosan memori dan memperbesar beban kerja prosesor. Alhasil, Photoshop terasa tidak responsif dalam menerima perintah dan lambat saat memproses perintah.
Sebenarnya, ada satu langkah untuk menyiasati hal ini, yaitu dengan mengarahkan setelan scratch disk di menu Edit > Preferences ke partisi harddisk selain partisi sistem Windows. Secara manual, metode ini dapat Anda lakukan dengan menamai ulang setiap berkas plugins yang ada di direktori C:/Program Files/Afdobe/Photoshop/Plugins atau Presets sehingga tidak akan dimuat oleh Photoshop. Jika ingin mengembalikannya, Anda harus mengembalikan nama berkas-berkas tersebut persis seperti semula. Tentu hal ini sangat merepotkan.
Sebagai solusi hal ini, gunakan saja aplikasi Photoshop SpeedUp keluaran AcroPDF Systems. Anda tidak perlu menginstal aplikasi ini untuk menjalankannya. Dua pilihan setting dapat diaktifkan atau dinonaktifkan lewat tanda centang, yaitu: Character Map (CMap) dan Preset. Sementara itu, alokasi konsumsi maksimal memori RAM yang digunakan oleh Photoshop dapat diatur dalam persentase lewat tombol dropdown atau mengetik angkanya secara langsung (maksimal 75%).
Di bagian bawah, terdapat nama ratusan plugin dan tool yang tidak akan dimuat oleh Photoshop. Untuk mengeluarkan plugin dari daftar itu agar tetap dimuat, klik kanan pada nama berkasnya lalu pilih Remove from List. Setelah pengaturan selesai, klik tombol SpeedUp. Untuk mengembalikan setelan standar Photoshop, klik saja tombol Restore. (Vincent Bayu Tapa Brata)
Kesimpulan
Photoshop SpeedUp adalah perkakas yang sangat berguna untuk menyiasati setelan Photoshop (yang semakin baru rilisnya, semakin haus ia akan sumber daya PC). Setelan dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap projek yang akan dikerjakan.

Spesifikasi
Jenis
Freeware, portabel
Ukuran berkas instalasi
311 KB
Situs web
Sistem operasi
Windows 2000/XP/Vista/7

Plus    : Portabel; gratis.
Minus : Tidak ada manual, dokumentasi, atau menu Help.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts