Profil - Biografi Margaret Thatcher si "Iron Lady"



Margaret Thatcher lahir dengan nama asli Margaret Hilda Roberts di Grantham, Lincolnshire pada 13 Oktober 1925. Margaret kecil mengenyam pendidikan di Huntingtower Road Primary School dan mendapatkan beasiswa di Kesteven and Grantham Girls School. Rapor ekolahnya sangat baik dan selalu menunjukkan peningkatan dan pada tahun keenamnya dia memberanikan untuk mendaftar beasiswa untuk belajar kimia di Somerville College, Oxford.

Dia memulai studinya di tahun 1943 dan lulus pada tahun 1947 dengan gelar Sarjana Kimia, di tahun terakhirnya dia memilih spesifikasi di bidang X-ray di bawah bimbingan Dorothy Hodgkin. Pada pemilu 1950 dan 1951, Margaret adalah calon Konservatif dari Dartford, di mana saat itu dia banyak menarik perhatian media karena dia adalah kandidat termuda dan satu-satunya perempuan pada pemilu tersebut. Sayang dia kalah dua kali berturut-turut dari Norman Dodds.

Selama masa kampanye, Margaret mendapatkan dukungan penuh dari kedua orang tuanya dan juga seseorang yang special Denis Thatcher yang dia nikahi pada bulan Desember 1951. Semasa aktif di dunia politik Margaret Thatcher dijuluki sebagai 'Iron Lady', hal ini dikarenakan kepemimpinan dan wataknya yang keras. Sebagai perdana menteri, dia menciptakan peraturan konservatif yang kemudian diberi nama Thatcherism.

Thatcher memperkenalkan beberapa inisiatif politik ekonomi untuk membalikkan apa yang dianggap sebagai penurunan ekonomi di Inggris. Filosifofi politik dan kebijakan ekonominya menitikberatkan pada deregulasi, pasar fleksibel buruh, dan mengurangi kekuatan dan campur tangan dari serikat buruh. Kepopuleran Thatcher pada tahun pertamanya menyurut di tengah resesi dan angka pengangguran yang tinggi. Pada tahun 1987 Thatcher dipilih kembali sebagai perdana menteri untuk ketiga kalinya.

Dia mengundurkan diri sebagai perdana menteri dan ketua partai pada tahun 1990.
Thatcher meninggal dunia pada 8 April 2013 dalam usia 87 tahun akibat penyakit stroke. Dia mulai jarang terlihat dan menjalani perawatan stroke pada tahun 2002. Ia menjadi pemimpin Inggris yang paling berpengaruh dalam masa modern di panggung internasional. Hingga saat ini, Thatcher adalah satu-satunya perdana menteri perempuan di Inggris. Dia menjadi orang yang paling lama menjadi perdana menteri yakni selama lebih dari 11 tahun sejak 4 Mei 1979 hingga 28 November 1990.

Thatcher menderita kesehatan yang buruk selama beberapa tahun sebelum kematiannya. Ia sempat dikabarkan menderita stroke dan terkena serangan beberapa kali dan mulai jarang terlihat sejak menjalani perawatan serangan stroke pada tahun 2002. Ia hanya terlihat beberapa kali di hadapan publik dalam beberapa bulan terakhir ini. Thatcher meninggal di London, pada 8 April 2013 setelah menderita stroke. Lord Bell, juru bicara Thatcher, mengkonfirmasi kematiannya.

Gelar Margaret Thatcher si "Iron Lady"

  • Miss Margaret Roberts (1925–1951)
  • Mrs Margaret Thatcher (1951–1959)
  • Mrs Margaret Thatcher, MP (1959–1970)
  • The Rt Hon. Margaret Thatcher, MP (1970–1983)
  • The Rt Hon. Margaret Thatcher, MP, FRS (1983–1990)
  • The Rt Hon. Lady Thatcher, OM, MP, FRS (1990–1992)
  • The Rt Hon. The Baroness Thatcher, OM, PC, FRS (1992–1995)
  • The Rt Hon. The Baroness Thatcher, LG, OM, PC, FRS (1995–2013)

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts