Browser Mobile Phone Terpopuler Sampai Maret 2013

Ponsel selain digunakan untuk telepon dan SMS, banyak dipakai untuk mengakses internet. Mulai dari membaca berita, membuka situs jejaring sosial, hingga mencari informasi di mesin pencari, dilakukan pengguna di ponsel lewat aplikasi peramban internet (browser).

Nah, aplikasi browser apa yang paling banyak digunakan oleh pengguna perangkat mobile?

Menurut survei yang dilakukan Net Applications, browser Safari buatan Apple masih jadi favorit pengguna iPhone, iPad, dan iPod.

Safari untuk iOS menangkap 61,79 persen dari semua lalu lintas web browser mobile di bulan Maret 2013. Jumlah itu meningkat dari 55,41 persen pada bulan Februari.

Sementara itu, browser bawaan Android dari Google, hanya berhasil meraih pangsa pasar 21,86 persen.

Kemudian, persaingan browser di perangkat mobile pada posisi berikutnya ditempati oleh Opera Mini yang memiliki pangsa pasar 8,4 persen, Microsoft Internet Explorer dengan 1,99 persen dan BlackBerry dengan 0,91 persen.

Data lalu lintas browser di perangkat mobile dari Net Applications ini, terdiri atas 160 juta kunjungan ke lebih dari 40.000 situs web setiap bulan.

Mengapa iOS menghasilkan lalu lintas internet lebih banyak daripada Android, padahal sistem operasi robot hijau kini menguasai pangsa pasar global? Menurut Net Applications, banyak pengguna Android yang tidak memanfaatkan perangkatnya secara penuh untuk berselancar internet.

"Kami percaya bahwa kontribusi iOS itu banyak berasal dari tablet, yang cenderung menghasilkan lebih banyak lalu lintas dibandingkan ponsel pintar, dan lebih besar juga dari Android," ujar Gene Munster dari lembaga riset Piper Jaffray, seperti dikutip dari AllThingsD, Rabu (3/4/2013).

Ia percaya, bahwa browser Safari di iOS akan terus memimpin lalu lintas internet dari perangkat mobile di kawasan Amerika Serikat, sampai tahun 2013 berakhir.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts