Mengurutkan Data Berdasarkan Warna (Sorting Data by Colors)

Mengurutkan data berdasarkan angka atau huruf mungkin sudah biasa, tapi dapatkah Anda mengurutkan data berdasarkan warna? Dengan bantuan 2 fitur dari JMT Excel Utilities hal ini sangat mudah dilakukan yaitu dengan Show Selection Tools dan Show Range Tools. Silahkan klik gambar di bawah ini untuk melihat animasi ilustrasinya:




Berikut langkah-langkahnya:
  1. Beri blok/range pada kolom C atau kolom yang mempunyai warna untuk diurutkan (C2:C11).
  2. Buka JMT Excel Utilities > Show Selection Tools > tab Select by Format lalu beri centang pada Cell Color. Secara otomatis warna yang terpilih adalah warna pada warna pada range paling atas yakni C2. Saat tombol Okay ditekan, akan terpilih sel-sel yang berwarna kuning yaitu C2, C5, dan C8. Kemudian keluar dengan menekan tombol Exit.
  3. Buka JMT Excel Utilities > Show Range Tools > pilih Select Adjacent Cells lalu tekan tombol Right sekali untuk memindahkan range tersebut ke kolom D. Kemudian keluar dengan menekan tombol Close [x].
  4. Tekan angka misal 1, lalu tekan tombol Ctrl + Enter secara bersamaan agar ketiga sel tersebut (C2, C5, dan C8) terisi dengan angka 1.
  5. Lakukan hal yang sama untuk warna-warna yang lain dengan diberi angka 2, 3, dst. Untuk warna selanjutnya (biru), lakukan blok/range dimulai dari C3:C11 agar secara otomatis warna pada Cell Color adalah warna biru.
  6. Lakukan pengurutan data seperti biasa berdasarkan kolom D.
Mudah bukan?

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts