Mencegah Notebook Overheat


Pemakaian Notebook yang menyala nonstop dalam waktu lama memaksa mesin bekerja secara terus-menerus dan dapat meningkatkan suhu mesin. Panas yang berlebihan (overheat) dapat menyebabkan notebook mati secara tiba-tiba. Bahkan beberapa kasus notebook yang meledak, disebabkan oleh faktor faktor overheat.

Mengingat harga notebook dan komponennya yang cukup mahal dan mudah panas bila dibandingkan dengan tipe komputer lain, ada baiknya untuk tindakan-tindakan pencegahan
.
Salah satu penyebab overheat pada notebook adalah sirkulasi udara yang tidak lancar. Ventilasi notebook yang kurang baik menyebabkan proses pendinginan tidak berjalan sebagaiman mestinya. Segera bersihkan bagian ventilasi dengan sikat lembut atau vacuum cleaner.

Maksimalkan perputaran udara yang baik dari mesin notebook dengan meletakkannya di atas permukaan yang keras dan datar. Hindari meletakkan notebook di atas permukaan lembut dan tidak stabil, seperti bantal, kasur, atau selimut. Notebook akan cepat overheat karena ventilasi notebook terhambat perputaran udaranya.

Ketika hendak bepegian dengan membawa notebook, selalu matikan power-nya sebelum memasukkan ke dalam tas / box. Jika tidak ingin mematikan power-nya, ubah settingan menjadi “hibernate”. Ini untuk mencegah panas meningkat, mengingat ruang yang tersedia dalam tas / box sangat sempit.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts