Desain Mobil 3D Pertama Gunakan Autodesk

KOR EcoLogic gunakan solusi perangkat lunak Digital Prototyping untuk mendesain purwarupa mobil pertama dan menciptakan badan mobil menggunakan printer 3 dimensi (3D). 

Adalah mobil KOR EcoLogic Urbee  yang menggunakan bahan bakar sampai 200 mil per gallon (MPG) dan menggunakan mesin listrik hybrid/bensin.
“Sejak awal, Urbee memang dirancang untuk menjadi seefisien mungkin dan menggunakan energi yang bisa diperbarui,” ujar Jim Kor (President and Chief Technology Officer untuk KOR EcoLogic).
Pembaruan tersebut mulai konsep hingga rendering. “Perangkat lunak Autodesk membantu kami bukan hanya dalam membuat mobil yang efisien dan berkelanjutan, namun juga mengkomunikasikan rancangan kami kepada khalayak lebih luas, termasuk para calon investor.  

Dukungan Clean Tech Partner Program Autodesk memungkinkan KOR EcoLogic untuk merancang dan menguji Urbee menggunakan perangkat Autodesk, termasuk perangkat lunak Autodesk Inventor, Autodesk Showcase, dan Autodesk Alias Design. 

Tim Urbee menggunakan perangkat lunak Autodesk Inventor untuk merancang purwarupa digital 3D dari badan mobil dan bisa disimulasikan dengan kondisi angin dan jalan, menguji berbagai rancangan badan mobil untuk meminimalisasi drag dan mengurangi berat keseluruhan mobil dengan menghilangkan bagian-bagian yang berlebihan. 

Lebih dari 80 persen dampak terhadap lingkungan dari suatu produk dapat ditentukan pada tahap rancangan, membuat inventor menjadi komponen penting dalam penentuan tingkat tanggung jawab lingkungan Urbee. KOR EcoLOgic menggunakan perangkat lunak visualisasi Autodesk Showcase 3D untuk menciptakan photorealistic renderings Urbee untuk dipasarkan kepada calon investor, mitra, dan khalayak luas.
Urbee merupakan pesaing kuat Automotive X Prize 2010, yang menjadi tantangan bagi tim untuk merancang, membangun kendaraan yang super efisien dan beremisi rendah yang dapat diproduksi untuk pasar massal.  
Energi listrik Urbee dapat diisi ulang menggunakan otlet listrik standar yang terdapat di rumah, atau melalui panel surya rumah, kincir angin atau melalui sumber energi konvensional dan hanya menggunakan sekitar 1 sen energi per mil perjalanan. 

Sumber : InfoKomputer.com

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts