Vettel Menang, Webber Kecelakaan



Valencia - Nasib berbeda 180 derajat dialami duo Red Bull di GP Eropa. Sebastian Vettel berhasil menjadi juara, sementara itu kecelakaan hebat memaksa Mark Webber keluar dari balapan.

Vettel menjadi juara GP Eropa yang digelar di sirkuit Valencia, Minggu (27/6/2010) malam WIB. Ini merupakan kemenangan kedua yang diraih oleh pembalap Red Bull itu di sepanjang musim ini, setelah sebelumnya ia menang di GP Malaysia April silam.

Tempat kedua diraih oleh Lewis Hamilton sedangkan tempat terakhir podium menjadi milik Jenson Button.

Bila Vettel berhasil menjadi juara, nasib yang dialami Mark Webber sungguh kontras. Kecelakaan hebat memaksa pembalap Australia itu keluar dari balapan. Beruntung, Webber tak mengalami luka serius.

Jalannya Balapan

Duel seru langsung terjadi ketika balapan dimulai. Lewis Hamilton yang start ketiga langsung menyeruak ke posisi kedua mendahului Mark Webber. Aksi Hamilton diikuti juga oleh Fernando Alonso yang memulai balapan di tempat keempat.

Hamilton hampir saja mengambil posisi pemegang pole Sebastian Vettel di tikungan pertama, namun pembalap Red Bull itu berjasil mempertahankan posisinya.

Rekan Vettel, Webber mengalami start buruk. Di lap ketiga pembalap Australia yang start kedua itu anjlok tujuh posisi ke peringkat sembilan.

Webber akhirnya harus keluar dari balapan lebih cepat akibat bertabrakan dengan Heikki Kovalainen di lap kesepuluh. Insiden ini terjadi ketika Webber berusaha menyalip Kovalainen.

Namun selanjutnya Webber menabrak bagian belakang sebelah kanan mobil Kovalainen yang menyebabkan mobil Red Bull sempat melambung di udara dan sempat dalam posisi terbalik. Sebelum akhirnya mendarat dan terseret hingga tumpukan ban dinding pengaman yang berada di pinggir sirkuit.

Mobil Webber rusak parah sementara itu milik Kovalainen juga remuk di belakang, tetapi masih bisa berjalan.

Keluarnya safety car dimanfaatkan sejumlah pembalap untuk masuk pit. Sementara itu Kamui Kobayashi bisa merambat hingga urutan ketiga, mendekati Vettel dan Hamilton.

Memasuki akhir lap ke-14, safety car ditarik. Saat lomba dimulai lagi Hamilton hampir saja menyalip Vettel usai pembalap Jerman itu kurang sempurna dalam berbelok. Tetap Vettel berhasil menguasai keadaan dan mempertahankan posisi terdepan.

Di lap ke-25 Hamilton dikenai drive through penalty akibat mendahului safety car yang hendak keluar dari pit lane. Hal ini membuat pembalap Inggris itu semakin ketinggalan dari Vettel. Di putaran ke-28, Hamilton sudah ketinggalan lebih dari 15 detik dari pembalap Red Bull itu.

Memasuki separuh balapan, Vettel seakan sudah tak terkejar lagi. Posisi kedua dan ketiga pun juga bisa dikatakan sudah aman di genggaman Hamilton dan Kamui Kobayashi.

Duel seru terjadi di duel perebutan tempat kelima yang melibatkan Rubens Barrichello dan Robert Kubica.

Memasuki lap ke-35 Hamilton berhasil memangkas ketinggalan waktu dengan Vettel menjadi 11 detik. Upaya Hamilton menunjukkan hasil di putaran ke-49 di mana selisih waktunya dengan Vettel terpangkas menjadi 7,7 detik.

Sementara itu Kobayashi terus dibayangi Jenson Button dalam perebutan posisi ketiga. Sedangkan bagi duo Ferrari, balapan kali ini tidak menjadi milik mereka. Fernando Alonso masih terus terpaku di peringkat sembilan hingga lap ke-44, sementara Felipe Massa masih di urutan 15.

Nico Hulkenberg harus keluar ketika balapan tersisa enam putaran lagi akibat ban belakangnya robek.

Empat lap menjelang balapan berakhir, Jenson Button berhasil naik ke posisi ketiga. Ini menyusul masuknya pemegang posisi ketiga sebelumnya, Kamui Kobayashi ke pit stop. Bahkan ketika keluar dari pit stop pembalap Jepang itu harus anjlok ke posisi sembilan.

Balapan ini berakhir kurang memuaskan bagi Fernando Alonso. Berlaga di depan publik sendiri, pembalap Spanyol itu harus puas finis kesembilan. Sementara itu prestasi apik ditorehkan Rubens Barrichello yang finis keempat.


Hasil GP Eropa, Minggu (27/6/2010) malam WIB

Posisi-Pembalap-Tim-Catatan Waktu
1. Vettel Red Bull-Renault 1h40:29.571
2. Hamilton McLaren-Mercedes + 5.042
3. Button McLaren-Mercedes + 7.658
4. Barrichello Williams-Cosworth + 20.627
5. Kubica Renault + 22.122
6. Sutil Force India-Mercedes + 25.168
7. Kobayashi Sauber-Ferrari + 30.965
8. Buemi Toro Rosso-Ferrari + 31.299
9. Alonso Ferrari + 32.809
10. De la Rosa Sauber-Ferrari + 42.414
11. Petrov Renault + 43.287
12. Rosberg Mercedes + 44.382
13. Liuzzi Force India-Mercedes + 45.890
14. Massa Ferrari + 46.621
15. Alguersuari Toro Rosso-Ferrari + 48.239
16. Schumacher Mercedes + 48.826
17. Di Grassi Virgin-Cosworth + 1 lap
18. Chandhok HRT-Cosworth + 2 laps
19. Glock Virgin-Cosworth + 2 laps
20. Senna HRT-Cosworth + 2 laps
21. Trulli Lotus-Cosworth + 4 laps


Tidak finis
Nama Pembalap-Tim-Putaran

Hulkenberg Williams-Cosworth 50
Kovalainen Lotus-Cosworth 9
Webber Red Bull-Renault 9

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts