Team Jepang Harapan ASIA di Laga PIALA DUNIA 2010

Gambar

Setelah Korea Selatan tumbang di tangan Uruguay di babak 16 besar, tinggal Jepang wakil Asia yang masih bertahan. Kini pasukan "Samurai Biru" akan mengusung harapan kejayaan benua kuning.

"Tentu saja, saya pikir kami harus bermain dengan kebanggaan ekstra karena sekarang kami satu-satunya wakil Asia. Hasrat untuk mengalahkan Paraguay semakin tegas," ujar pelatih Jepang Takeshi Okada, Senin (28/6/2010).

Keisuke Honda dkk akan bertempur melawan Paraguay di Loftus Versfeld, Pretoria, hari Selasa besok pukul 21.00 WIB. Pemenangnya akan bertemu Spanyol atau Portugal di babak perempatfinal.

Ini adalah kali pertama Jepang melewati babak grup di Piala Dunia yang tidak digelar di kandang mereka (2002). Prestasi tertinggi mereka kala itu juga "cuma" sampai babak 16 besar, setelah dihentikan Turki dengan skor 0-1.

Jepang mencanangkan target masuk semifinal di Afrika Selatan ini, berharap bisa menyamai pencapaian Korsel delapan tahun silam, sebagai tim Asia dengan prestasi tertinggi dalam sejarah Piala Dunia.

Pada pertemuan G8 di Kanada saat ini, Presiden Korsel Lee Myung-Bak secara khusus memberi semangat pada Perdana Menteri Jepang Naoto Kan, supaya tim dari Negeri Matahari Terbit itu bisa mencapai perempatfinal sebagai wakil Asia.

"Kami ingin bermain dengan penuh kehormatan. Menjadi duta Jepang dan Asia adalah membanggakan," tukas bek Yuto Nagatomo (23), yang dikabarkan mulai dilirik tim-tim Eropa termasuk Birmingham City dari Inggris.

"Korea Selatan telah bekerja keras. Sekarang kami satu-satunya tim Asia di turnamen ini dan kami sangat ingin ingin demi Asia," timpal kapten tim dan gelandang VfL Wolfsburg, Makoto Hasebe, seperti dikutip AFP.

Jepang lolos ke babak 16 besar sebagai runner up Grup E. Mereka mengalahkan Kamerun (1-0) dan Denmark (3-1), dan hanya kalah dari tim favorit Belanda dengan skor 1-0.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts