Intel Siapkan Atom Berbasis Android 2.2

Belum lagi Android 2.1 merata dinikmati oleh semua smartphone, sudah ada lagi bintang baru, android 2.2. Versi terbaru android ini menurut rencana akan dibundel oleh Intel bersama chipset Atom, prosesor yang biasa dibenamkan ke dalam netbook (sub-notebook).
Renee James dari Intel mengatakan kepada APCmag.com bahwa versi X86 dari Android 2.2 ini akan datang dengan kode nama  FroYo yang akan tersedia dalam musim panas  tahun ini.
 “Kami berharap, Android X86 asli ini akan didasarkan pada rilis FroYo dan akan tersedia pada musim panas ini kepada pengembang,” ujar James. 

OS Mobile
James juga mengatakan, pada masanya nanti akan banyak sistem operasi mobile yang berbasis open source. Intel pun merasa yakin pihaknya tidak akan terlalu kesulitan karena sudah memiliki pengalaman banyak di Linux. 

Proyek Intel ini bukan tidak mungkin akan dipandang sebagai pesaing oleh Microsoft, khususnya Windows 7. Apalagi sasaran android adalah menjadi sistem operasi untuk netbook atau perangkat portable.
Seperti dikutip dari techradar, Chrome—OS debutan Google—juga membidik perangkat mobile, namun lebih mengoptimalkan pada layanan komputasi awan (cloud). OS ini rencananya akan diluncurkan akhir tahun 2010 atau awal tahun 2011 mendatang.
Sudah pasti dengan kehadiran Android dan Chrome bakal terjadi  kompetisi seru, terlebih untuk  Windows 7. Siapa jawaranya? Semua tergantung keputusan konsumen.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts