>Ditemukan kuburan tertua di Inggris

>Somerset di Inggris barat daya menjadi situs penguburan mayat tertua di Inggris Raya, demikian menurut dewan pemerintah daerah tersebut. Sebuah uji radio karbon menunjukkan dua tengkorak yang ditemukan di kawasan konservasi Greylake tahun 1928 telah berusia 10.000 tahun. Semenjak diketemukan hingga saat ini, kedua tengkorak itu disimpan di Museum Bridgwaters Blake.

Kuburan tertua di Inggris


Penemuan ini menunjukkan bahwa sekitar 8.300 SM, masyarakat pemburu di Somerset mengubur mayat di kawasan tempat kedua tengkorak itu diketemukan. Kuburan-kuburan kuno sebelumnya telah banyak ditemukan di kawasan Somerset tetapi hampir kesemuanya berada di gua-gua dan bukannya tempat terbuka.

Bagi anggota pemerintahan Somerset Christine Lawrence, "Kekayaan warisan masa lalu Somerset memainkan peran penting untuk menarik pengunjung ke daerah ini. Dan penemuan ini sangat menggembirakan."

"Berita ini luar biasa dan merupakan hasil yang kami harapkan," kata Dr Richard Brunning, dari Dewan Warisan Budaya Somerset yang memimpin penyelidikan di kawasan konservasi tersebut. "Dan kuburan terbuka, bukan di gua, sangatlah jarang di Eropa dan merupakan satu-satunya yang kami ketahui ada di Inggris dari zaman tersebut," ujarnya seperti dikutip BBC Indonesia, Ahad (24/7).

Berbagai peralatan untuk memasak dan perapian ditemukan di beberapa tempat di kawasan tersebut pada 1950, mengisyaratkan bahwa kawasan tersebut kemungkinan merupakan daerah persinggahan yang cukup penting.

Source : kuburan tertua di Inggris

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts