>Ini Dia Hasil Kongres PSSI yang Diumumkan Oleh Nurdin Halid

> Hasil kongres PSSI diumumkan kepada publik. Salah satu hasil dari kegiatan di Bali ini adalah pemecatan bagi Persema Malang dan Persibo Bojonegoro. Sementara untuk PSM Makassar masih belum dipecat.

Pengumuman itu disampaikan oleh ketua umum PSSI Nurdin Halid dalam jumpa pers di Ballroom II Hotel Pan Pacific, Sabtu (22/1/2011) petang WITA.

"Kongres berjalan aman dan lancar sesuai mekanisme organisasi. Tapi ada sebuah progress yang sangat bagus karena sudah ada kesepahaman dan pengetahuan yang luas dari se uruh anggota terhadap statuta PSSI. Jadi tak ada perdebatan panjang karena anggota sudah bisa menyesuaikan diri dengan koridor tersebut," ujar Nurdin.

Nurdin mengatakan bahwa laporan ketua umum PSSI sudah disetujui para anggota. "Hal-hal yang telah diputuskan adalah: Pengesahan laporan ketum PSSI anggaran selama 2010. Dan ini sudah langsung disetujui oleh para anggota. Kemudian ada juga pengesahan terhadap rencana pada tahun 2011, termasuk di antaranya budget untuk kegiatan pada 2011," lanjut dia.

Salah satu keputusan yang dihasilkan dari Kongres PSSI hari ini adalah pemecatan terhadap Persema Malang dan Persibo Bojonegoro, dua klub yang hengkang dari ISL ke LPI. Nurdin mengatakan bahwa sejak saat ini Persema dan Persibo sudah tidak ada urusan lagi dengan PSSI.

"Yang selanjutnya dilakukan juga pemecatan terhadap Persema dan Persibo sebagai anggota PSSI sesuai dengan statuta yang mengatakan orang, badan, atau klub yang melanggar statuta. Dan oleh karenanya EXCO berhak untuk menjatuhkan hukuman. Mereka dipecat sampai kongres berikutnya," tegas Nurdin.

"Dalam peraturan tertulis bahwa klub yang dipecat berhak melakukan pembelaan tertulis. Sebelum kongres, Sekjen tidak menerima hak pembelaan tersebut. Dan oleh karenanya mereka tak menggunakan hak pembelaan tersebut."

"Oleh karena itu, seluruh anggota mengesahkan pemecatan Persema dan Persibo. Sejak hari ini, Persema dan Persibo tak ada lagi urusan dengan PSSI. Mereka sudah tak ada lagi hak dan kewajiban dengan PSSI dan PSSI sudah tak ada lagi memiliki hak dan kewajiban terhadap mereka."

Sedikit berbeda untuk PSM Makassar. Klub Juku Eja --yang juga meninggalkan ISL dan tampil di LPI-- belum didepak karena belum cukup bukti.

"Sementara untuk PSM, kenapa belum dikeluarkan, karena kami belum menemukan cukup bukti. Komisi disiplin memutuskan untuk mendegradasi mereka dua tingkat. Tapi kalau mereka hari ini, tanggal 22, bermain di Liga Primer Indonesia, maka mereka akan dikeluarkan. Dan ini berlaku sampai kongres berikutnya, sampai mereka mengeluarkan hak pembelaan tersebut. Tapi keputusan mengenai mereka belum diambil pada kongres hari ini," jelas Nurdin.

Selain itu "Sang Puang" juga menjelaskan soal program tim nasional mengenai pelaksanaan SEA Games yang disampaikan Alfred Riedl. "Program Alfred Riedl juga sudah disampaikan mengenai pelaksanaan SEA Games. Program tersebut telah disampaikan dengan sangat detil sehingga anggota kongres langsung menyetujui program tersebut."

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts