Setting Homegroup di Windows 7



Fitur HomeGroup pada windows 7 pada dasarnya adalah peer-to-peer network yang telah didesain ulang untuk mempermudah user untuk melakukan setup home network, namun pada kenyataannya masih banyak yang belum mengerti bagaimana membuat home network yang terdiri dari beberapa OS (Vista,win 7,XP). Jika pada suatu home network semua komputer ber-OS Win 7 maka cara yang paling mudah untuk membuat home network adalah dengan membuat HomeGroup, ketika kita menginstall windows 7 secara otomatis Homegroup telah dibuat. Untuk join atau menambahkan komputer ber-OS win 7 kedalam suatu HomeGroup dengan Klik Start–>Control Panel–> ketik HomeGroup pada search box–>klik HomeGroup–>klik Join now

jika tidak ada tombol Join now kemungkinannya adalah belum ada HomeGroup, pastikan bahwa HomeGroup telah dibuat, catatan pada Windows 7 Starter dan Windows 7 Home Basic kita bisa join ke dalam suatu HomeGroup namun tidak bisa membuat HomeGroup.
Bagaimana jika dalam suatu home network tidak hanya Windos 7? namun juga terdapat komputer windows XP atau vista ?, kemungkinannya adalah windows 7 tidak bisa mengenali komputer ber-OS XP meski dalam satu network, karena HomeGroup hanya bekerja pada windows 7 jadi kita perlu merubah networking system sehingga dapat berjalan juga pada win XP. Pada windows 7 klik Start–>Control Panel–> pilih Network and Sharing Center–>klik link dibawah “view your active networks” (jika HomeGroup telah dibuat, link akan menjadi “home network”).

Untuk tutorial lebih lengkapnya bisa langsung ke sini.
Tutorial diatas meliputi setting file dan printer sharing pada windows 7 dan windows xp/vista serta network sharing antar operating system.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts