Cara Memperbaiki Tampilan Form Komentar Blogger Yang Bermasalah

ketika saya hendak meninggalkan pesan di kotak komentar blog saya koq tidak bisa, masalahnya ruang untuk memasukkan Word Verification-nya tidak ada, contohnya seperti gambar di bawah ini:


Dalam hati saya terbersit rasa keinginan untuk memecahkan masalah tersebut, ya hitung-hitung bila suatu saat saya memodifikasi kotak komentar dan mengalami masalah seperti itu lagi, sekarang saya sudah tau cara memperbaikinya.

Dengan berbekal rasa penasaran kemudian saya googling dengan mengetikkan kata kunci Cara Memperbaiki Tampilan Form Komentar Yang Bermasalah, akhirnya saya dibawa ke blognya kang Zons di http://www.inimu.com. Setelah saya baca tutorialnya ternyata cocok dengan permasalahan di atas.

Nah di bawah ini adalah Cara Memperbaiki Tampilan Form Komentar Yang Bermasalah, silahkan ikuti langkah-langkahnya dengan benar, sebagai berikut:
  1. Login ke Blogspot => klik Rancangan/Design => pilih Edit HTML, kasih centang pada kotak Expand Template Widget dan gunakan tombol Find (Ctrl + F) untuk memudahkan pencarian kode;
  2. Sebelumnya Download Template Lengkap dulu untuk jaga-jaga jika terjadi kegagalan, lalu cari kode tag di bawah ini:
    <iframe allowtransparency='true' class='blogger-iframe-colorize' frameborder='0' height='275' id='comment-editor' scrolling='no' src='' width='100%'/>
  3. Perbaiki atribut scrolling pada tag tersebut, karena disinilah akar permasalahannya. Ada dua cara untuk memperbaikinya, silahkan pilih salah satu saja yaitu:
    1. Hapus atribut scrolling='no' pada tag tersebut; atau:
    2. Ganti atribut itu menjadi scrolling='auto', ini bertujuan untuk menampilkan scrollbar di samping form komentar bila form komentar melebihi area yang tersedia.
  4. Setelah dilakukan perubahan, Save Template.
Tampilan form komentar Anda nantinya akan dilengkapi dengan scrollbar seperti pada gambar di bawah ini:
Anda juga boleh (tapi tidak harus) mengubah value atribut height menjadi 410px. Tujuannya untuk mempertinggi area form komentar sesuai dengan yang ada pada template standar Blogger.
Demikianlah tutorial tentang Cara Memperbaiki Tampilan Form Komentar Yang Bermasalah ini, semoga bermanfaat.
= = = = = = = => Selamat Mencoba, Semoga Sukses!!! <= = = = = = = =

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts