Google.cn Dialihkan Menjadi Google.com.hk



Sepertinya Google memang nggak cocok dengan negeri China. Opsi angkat kaki dari negeri China merupakan opsi terakhir yang bisa ditempuh oleh Google. Meski akhirnya hengkang dari China, Google tidak sepenuhnya menutup layanannya untuk para pengguna internet di negeri tirai bambu. Situs Google.cn, mulai Senin (22/3/2010), jika dikunjungi akan dialihkan ke alamat Google.com.hk.

"Selamat datang di layanan pencarian Google yang baru di China," demikian kalimat dalam bahasa China yang terpampang di halaman tersebut, seperti dilansir AP. Situs tersebut juga menampilkan hasil pencarian dalam karakter China sederhana yang banyak dipakai di China.

Pemindahan ini merupakan upaya legal yang dilakukan Google untuk menghindari aturan sensor yang diwajibkan Pemerintah China. Meski bagian dari China, Hongkong, yang merupakan bekas koloni Inggris, diberi kewenangan otonomi sendiri.

Hasil pencarian di situs Google Hongkong ini tidak disensor. Sebelumnya, pada 12 Januari 2010, Google memutuskan untuk menghentikan sensor di China dan berharap dapat terus beroperasi tanpa sensor. Namun, negosiasi selama lebih dari dua bulan tidak menemukan titik temu dan Pemerintah China tetap mewajibkan sensor. Sumber: tekno.kompas.com

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts